Durasi Pembelajaran | : | 16 x 100 menit |
Kode Mata Kuliah | : | C52 |
Tujuan Mata Kuliah | : | Tujuan dari mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu merancang dimensi dan tulangan balok beton bertulang akibat beban luar |
Hubungan terhadap standar yang kompeten | : | Mata kuliah ini dimodifikasi sesuai dengan elemen kebutuhan dan memenuhi standar yang berlaku, seperti: SNI T15-03.1991, ACI Mata kuliah ini memenuhi program outcomes sebagai berikut (a) Memiliki kemampuan mengidentifikasi masalah dalam perencanaan. (e) Mampu menjawab tantangan dalam bidang rekayasa dengan memperhatikan masalah sosial dan lingkungan (f) Peka terhadap penerapan teknologi terhadap lingkungan (sosial, budaya, sumberdaya alam & daya dukung alam) |
Mata Kuliah Prasyarat | : | Matematika 1 dan 2, Pengetahuan Bahan +Praktikum, Menggambar Rekayasa, Mekanika Rekayasa 1 dan 2, |
Mata Kuliah Lanjutan | : | Struktur Beton 2, Struktur Jembatan, Rekayasa Pondasi, Teknik Gempa, Pelabuhan, Bangunan Air. |
Lingkup Mata Kuliah | : | 1. Karakteristik material penyusun beton bertulang 2. Perilaku Balok Beton Bertulang akibat pembebanan 3. Metode perencanaan 4. Analisis dan Disain Tulangan tulangan tunggal dan rangkap 5. Geser dan Puntir pada Balok Beton Bertulang |
Time Delivery | | 1. 2 x 50 menit = 100 menit 2. 4 x 50 menit = 200 menit 3. 4 x 50 menit = 200 menit 4. 6 x 50 menit = 300 menit 5. 6 x 50 menit = 300 menit |
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi dalam Perencanaan Silabus
a. Faktor Eksternal
E.1. Fakultas/Universitas/Kebijaksanaan Pemerintah
E.2. Terbatasnya Ukuran Kelas
E.3. Jumlah mahasiswa dalam kelompok laboratorium
b. Faktor-Faktor Lain :
F.1. Jam pengajaran/pembelajaran per minggu
F.2. Prasyarat mata kuliah
F.3. Keleluasaan pemakaian laboratorium
F.4. Hubungan antar mata kuliah
F.5. Pemakaian komputer dan perangkat lunak
F.6. Pemakaian internet
F.7. Tersedianya dosen yang ahli
F.8. Kebutuhan industri
F.9. Ketersediaan kunjungan lapangan
F.10. Tersedianya alat bantu pengajaran
F.11. Buku Teks yang sesuai
Prosedur Penetapan Domain of Knowledge
1. Tujuan pendidikan ilmu yang dipelajari
2. Perkembangan serta posisi bidang ilmu yang akan dipelajari atau diajarkan
3. Spesialisasi bidang ilmu yang akan dipelajari
4. Batasan bidang ilmu yang akan dipelajari
5. Identifikasi bidang ilmu dasar yang akan dimasukkan dalam program studi
6. Identifikasi bidang ilmu pokok yang akan dimasukkan dalam program studi
Prosedur Penetapan Student Characteristic
1. Identifikasi ulang tujuan ilmu yang akan dipelajari
2. Bagaimana profil umum mahasiswa (umur,latar belakang pendidikan, daerah asal, pengalaman hidup.)
3. Tuntutan kebutuhan mahasiswa untuk menyongsong “problem defenition”
4. Kebiasaan belajar mahasiswa
5. Banyaknya mahasiswa yang mengikuti program studi
6. Mengetahui motivasif mahasiswa yang ada pada program studi
Tingkat Kemampuan yang diharapkan
Learning Outcomes 1
Mampu mengetahui karakteristik material penyusun Beton Bertulang
Assessment Criteria
Modulus Elastisitas, Susut, Rangkak, Tarik, Tekan
Assessment Method
Tugas mandiri, Quiz
Teaching Method
Over head / Still visual
Lecturing
Printed material
Influence Factors
E.1, E.2
F.1, F.2, F.3, F.4, F.7, F.8, F.10, F.11
Learning Outcomes 2
Memahami asal-usul/asumsi blok tegangan persegi dari Whitney
Mengetahui pengertian bidang tarik dan tekan
Mengetahui perbedaan SKSNI dengan PBI ‘ 71
Mengetahui perbedaan SKSNI dengan ACI 318M-95
Memperkenalkan panjang penyaluran
Assessment Criteria
Mampu menjelaskan blok tegangan Whitney pada kasus balok sederhana
Mampu menjelaskan perbedaan SKSNI , ACI 318 M, PBI’71
Mampu menggambarkan diagram tegangan – regangan
Assessment Method
Ujian / Quisz
Tugas-tugas (P.R)
Teaching Method
Over head / Still visual
Lecturing
Printed material
Influence Factors
E.1, E.2
F.1, F.2, F.4, F.7, F.8, F.10, F.11
Learning Outcomes 3
Memahami metode perencanaan balok beton bertulang
- Analisa Elastis
- Ultimate Strength Design
Assessment Criteria
Mampu menghitung gaya dalam, momen lentur balok di atas tumpuan sederhana
Mampu menghitung jumlah tulangan pada balok sederhana dengan menggunakan ” Metode Elastis ”
Mampu menghitung jumlah tulangan pada balok sederhana dengan menggunakan metode ”Ultimate Strength Design”
Mampu menggambar tulangan pada balok sederhana
Assesment Method
Home Work
Quisz, dengan memberikan soal-soal balok sederhana
Teaching Method
Over head / Still visual
Lecturing
Printed material
Influence Factors
E.1, E.2
F.1, F.2, F.4, F.7, F.8, F.10, F.11
Learning Outcomes 4
Mampu menganalisa dan mendisain balok beton bertulangan tunggal dan rangkap
Assessment Criteria
Mampu menerapkan peraturan dan metode analisa pada elemen struktur beton bertulang.
Memahami peraturan-peraturan yang berlaku pada analisa dan design
Mampu menuangkan hasil analisa dan perencanaan dalam bentuk gambar
Assessment Method
Ujian, tugas-tugas (P.R)
Teaching Method
Over head / Still visual
Lecturing
Printed material
Influence Factors
E.1, E.2
F.1, F.2, F.3, F.4, F.7, F.8, F.10, F.11
Learning Outcomes 5
Mampu menganalisa balok beton bertulang akibat gaya geser dan puntir
Assessment Criteria
Memahami perilaku gaya geser dan puntir pada balok beton bertulang akibat beban luar.
Mampu mendisain tulangan balok akibat gaya geser dan puntir
Mampu menerapkan peraturan yang berlaku dalam menentukan penulangan
Assessment Method
Quiz dalam bentuk soal perhitungan
P.R. dalam bentuk soal perhitungan dan esai.
Teaching Method
Over head / Still visual
Lecturing
Printed material
Influence Factors
E.1, E.2
F.1, F.2, F.3, F.4, F.7, F.8, F.10, F.11
Suggested Learning Resources
a. Text Book / References
1. Disain Beton Bertulang, Edisi ke-4
Chu Kia Wang dan Salmon terjemahan Binsar Heriardja
2. SKSNI T15-03-1991
Departemen Pekerjaan Umum
3. ACI 318-2000
4. Reinforced Concrete Structure
Park & Paulay
b. Physical Resources
1. OHP
2. In-focus (LCD)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar