Senin, 05 Desember 2011

STRUKTUR BETON I

Durasi Pembelajaran
:
16 x 100 menit
Kode Mata Kuliah
:
C52
Tujuan Mata Kuliah
:
Tujuan dari mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu merancang dimensi dan tulangan balok beton bertulang akibat beban luar

Hubungan terhadap standar yang kompeten
:
Mata kuliah ini dimodifikasi sesuai dengan elemen kebutuhan dan memenuhi standar yang berlaku, seperti: SNI T15-03.1991, ACI
Mata kuliah ini memenuhi program outcomes sebagai berikut
(a)    Memiliki kemampuan mengidentifikasi masalah dalam perencanaan.
(e)    Mampu menjawab tantangan dalam bidang rekayasa dengan memperhatikan masalah sosial dan lingkungan
(f)     Peka terhadap penerapan teknologi terhadap lingkungan (sosial, budaya, sumberdaya alam & daya dukung alam)

Mata Kuliah Prasyarat
:
Matematika 1 dan 2, Pengetahuan Bahan +Praktikum,  Menggambar Rekayasa, Mekanika Rekayasa 1 dan 2,

Mata Kuliah Lanjutan
:
Struktur Beton 2, Struktur Jembatan, Rekayasa Pondasi, Teknik Gempa, Pelabuhan, Bangunan Air.

Lingkup Mata Kuliah
:
1.      Karakteristik material penyusun beton bertulang
2.      Perilaku Balok Beton Bertulang akibat pembebanan
3.      Metode perencanaan
4.      Analisis dan Disain Tulangan tulangan tunggal dan rangkap
5.      Geser dan Puntir pada Balok Beton Bertulang

Time Delivery

1.      2 x 50 menit = 100 menit
2.      4 x 50 menit = 200 menit
3.      4 x 50 menit = 200 menit
4.      6 x 50 menit = 300 menit
5.      6 x 50 menit = 300 menit

 


 

 

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi dalam Perencanaan Silabus


a.    Faktor Eksternal
E.1. Fakultas/Universitas/Kebijaksanaan Pemerintah
E.2. Terbatasnya Ukuran Kelas
E.3. Jumlah mahasiswa dalam kelompok laboratorium

b.   Faktor-Faktor Lain :
F.1. Jam pengajaran/pembelajaran per minggu
F.2. Prasyarat mata kuliah
F.3. Keleluasaan pemakaian laboratorium
F.4. Hubungan antar mata kuliah
F.5. Pemakaian komputer dan perangkat lunak
F.6. Pemakaian internet
F.7. Tersedianya dosen yang ahli
F.8. Kebutuhan industri
F.9. Ketersediaan kunjungan lapangan
F.10. Tersedianya alat bantu pengajaran
F.11. Buku Teks yang sesuai 

Prosedur Penetapan Domain of Knowledge
1.      Tujuan pendidikan ilmu yang dipelajari
2.      Perkembangan serta posisi bidang ilmu yang akan dipelajari atau diajarkan
3.      Spesialisasi bidang ilmu yang akan dipelajari
4.      Batasan bidang ilmu yang akan dipelajari
5.      Identifikasi bidang ilmu dasar yang akan dimasukkan dalam program studi
6.      Identifikasi bidang ilmu pokok yang akan dimasukkan dalam program studi

Prosedur Penetapan Student Characteristic
1.      Identifikasi ulang tujuan ilmu yang akan dipelajari
2.      Bagaimana profil umum mahasiswa (umur,latar belakang pendidikan, daerah asal, pengalaman hidup.)
3.      Tuntutan kebutuhan mahasiswa untuk menyongsong “problem defenition”
4.      Kebiasaan belajar mahasiswa
5.      Banyaknya mahasiswa yang mengikuti program studi
6.      Mengetahui motivasif mahasiswa yang ada pada program studi

Tingkat Kemampuan yang diharapkan

Learning Outcomes  1          

Mampu mengetahui karakteristik material penyusun Beton Bertulang


Assessment Criteria

Modulus Elastisitas, Susut, Rangkak, Tarik, Tekan

Assessment Method

            Tugas mandiri, Quiz

Teaching Method

            Over head / Still visual
            Lecturing
            Printed material

Influence Factors

            E.1, E.2

            F.1, F.2, F.3, F.4, F.7, F.8, F.10, F.11


Learning Outcomes  2

            Memahami asal-usul/asumsi blok tegangan persegi dari Whitney
            Mengetahui pengertian bidang tarik dan tekan
            Mengetahui perbedaan SKSNI dengan PBI ‘ 71
            Mengetahui perbedaan SKSNI dengan ACI 318M-95
            Memperkenalkan panjang penyaluran

Assessment Criteria

                        Mampu menjelaskan blok tegangan Whitney pada kasus balok sederhana
                        Mampu menjelaskan perbedaan SKSNI , ACI 318 M, PBI’71
                        Mampu menggambarkan diagram tegangan – regangan

Assessment Method

                        Ujian / Quisz
                        Tugas-tugas (P.R)

Teaching Method

            Over head / Still visual
            Lecturing
            Printed material

Influence Factors

            E.1, E.2

            F.1,  F.2,  F.4,  F.7,  F.8,  F.10,  F.11

 

Learning Outcomes  3


            Memahami metode perencanaan balok beton bertulang
-      Analisa Elastis
-            Ultimate Strength Design

Assessment Criteria

            Mampu menghitung gaya dalam, momen lentur balok di atas tumpuan sederhana
            Mampu menghitung jumlah tulangan pada balok sederhana dengan menggunakan ” Metode Elastis ”
Mampu menghitung jumlah tulangan pada balok sederhana dengan menggunakan metode ”Ultimate Strength Design”
Mampu menggambar tulangan pada balok sederhana

            Assesment Method
                        Home Work
                        Quisz, dengan memberikan soal-soal balok sederhana
                       

Teaching Method

            Over head / Still visual
            Lecturing
            Printed material

Influence Factors

            E.1, E.2

            F.1,  F.2,  F.4,  F.7,  F.8,  F.10,  F.11


Learning Outcomes 4

                Mampu menganalisa dan mendisain balok beton bertulangan tunggal dan rangkap

            Assessment Criteria
                                    Mampu menerapkan peraturan dan metode analisa pada elemen struktur beton bertulang.
                        Memahami peraturan-peraturan yang berlaku pada analisa dan design
                        Mampu menuangkan hasil analisa dan perencanaan dalam bentuk gambar

            Assessment Method
                        Ujian, tugas-tugas (P.R)


Teaching Method

            Over head / Still visual
            Lecturing
            Printed material

Influence Factors

            E.1, E.2

            F.1,  F.2,  F.3,   F.4,  F.7,  F.8,  F.10,  F.11

 

 

Learning Outcomes 5

           
            Mampu menganalisa balok beton bertulang akibat gaya geser dan puntir

            Assessment Criteria
                        Memahami perilaku gaya geser dan puntir pada balok beton bertulang akibat beban luar.
                        Mampu mendisain tulangan balok akibat gaya geser dan puntir
                        Mampu menerapkan peraturan yang berlaku dalam menentukan penulangan

                Assessment Method
                        Quiz dalam bentuk soal perhitungan
                        P.R. dalam bentuk soal perhitungan dan esai.

Teaching Method

            Over head / Still visual
            Lecturing
            Printed material
                       

Influence Factors

            E.1, E.2

            F.1,  F.2,  F.3,  F.4,  F.7,  F.8,  F.10,  F.11

Suggested Learning Resources


a.    Text Book / References
     1. Disain Beton Bertulang, Edisi ke-4
          Chu Kia Wang dan Salmon terjemahan Binsar Heriardja
2.    SKSNI T15-03-1991
Departemen Pekerjaan Umum
3.    ACI 318-2000
4.    Reinforced Concrete Structure
Park & Paulay

b.    Physical Resources
1. OHP  
2. In-focus (LCD)